http://www.neobux.com/?r=drawreal

January 17, 2012

Tools And Materials

    Sebelum mulai untuk membuat sebuah lukisan, selain harus memiliki ide tentang objek yang akan dipindahkan kedalam sebuah media, kita juga harus menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk melukis. Semakin baik peralatan yang kita miliki maka akan semakin baik pula karya yang akan dihasilkan. Selain itu, dengan menggunakan berbagai jenis pensil, penghapus, blender dan
lain lain akan meningkatkan realistisme lukisan yang dihasilkan.

    Peralatan dan bahan yang baik bukan berarti yang paling mahal, namun biasanya setiap pelukis memiliki citarasa masing- masing. Seorang pelukis biasanya akan menggunakan alat dan bahan yang dapat membuat dirinya nyaman dengan alat dan bahan tersebut. Oleh sebab itu, kebanyakan artstore menyediakan tester untuk setiap peralatan dan bahan yang mereka jual. Sehingga kita dapat menentukan selera sebelum membelinya.

Inilah peralatan yang biasa digunakan untuk membuat lukisan pensil realistic:

•    Pensil  (Pencils)

lyra website
Yang namanya lukisan pensil pasti menggunakan pensil. Akan tetapi ada berbagai jenis pensil yang beredar di permukaan bumi ini dan setiap jenisnya itu menghasilkan value yang berbeda beda. Oh ya, value  maksudnya adalah tingkat kehitaman/kepekatan. Pensil yang sejenis pun juga dapat menghasilkan value yang berbeda karena dalam satu jenis pensil memiliki beberapa grade dan pensil dengan grade dan  jenis yang sama pun juga dapat menghasilkan value yang berbeda tergantung bagaimana anda menggunakan pensil anda. Berdasarkan dari anatomi nya, pensil juga terbagi kedalam pensil biasa (dibalut kayu), pensil mekanik, dan sticks (isinya saja).




Berikut beberapa jenis pensil yang saya ketahui:

a.    Graphite pencils

Pensil graphite mempunyai sangat banyak grade dibandingkan dengan jenis pensil yang lainnya. Mulai dari yang paling keras dan halus 9H sampai denan yang paling lunak dan pekat 9B. semakin besar angka sebelum huruf H nya maka pensil tersebut semakin keras dan semakin besar angka sebelum hurf B nya maka akan semakin lunak. Sedangkan pensil HB dan F adalah pensil yang gradenya diantara H dan B. selain itu, kita perlu tahu bahwa pensil dengan merek yang berbeda walaupun memiliki grade yang sama tetapi tingkat kepekatannya biasanya berbeda. Misalnya pensil 3B Derwent lebih hitam daripada pensil 3B merek Lyra. click to know more about pencils grade

b.    Charcoal Pencils

derwent charcoal


Charcoal pencils terkenal dengan hitamnya. Charcoal juga tersedia dalam beberapa grade namun gradenya tidak banyak seperti pensil graphite. Pensil charcoal mudah luntur dan menyebar sehingga dapat saja merusak bagian lain lukisan anda. Mungkin anda dapat menggunakan workable fixative untuk mempermudah bekerja dengan pensil charcoal.
c.    Carbon Pencils
carbon sebetulnya merupakan campuran antara graphite dan charcoaal. Ada dua macam pensil carbon. Yaitu Wolff dan Conte. Pensil carbon juga terdiri dari beberapa tingkatan ketebalan. Wolff carbon memancarkan cahaya yang berbeda dengan graphite maupun charcoal. Conte carbon baik digunakan untuk membuat pisah batas antara dua objek yang memiliki value yang sama.

d.    Graphite sticks

Sama seperti pensil graphite, tetapi tidak dibungkus dengan kayu diluarnya. Jadi graphite stick dapat dikatakan sebagai isi pensil graphite. Gradenya biasanya hanya tersedia yang B dan yang lebih lunak. Graphite stick berguna untuk mengarsir area yang luas sehingga lebih cepat.

e.    Charcoal sticks
Sama dengan graphite sticks, namun bahannya charcoal.

•    Erasers

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari orang- orang yang melihat gambar lukisan saya. Pertanyaannya kira kira seperti ini “ eh, itu pas bikinnya masih pake penghapus atau nggak?”. Pertanyaan itu muncul karena kebanyakan orang beranggapan bahwa pelukis yang hebat itu tidak lagi membutuhkan penghapus saat melukis. Namun saya selalu menjawab begini “ ya pasti lah, penghapus itu sangat penting dalam melukis”. Sampai sekarang saya belum terbayang bagaimana membuat realistic art drawing tanpa penghapus. Kalau penghapus itu tudak penting, kenapa terdapat banyak jenis penghapus yang disediakan hanya untuk para pelukis?. Jenis jenis penghapus yang saya maksud adalah sebagai berikut:


a.    Penghapus Biasa (common eraser)
Ya biasa. Sama seperti penghapus yang sudah dikenalkan kepada kita sejak di taman kanak- kanak.


b.    Erasing Pen
Penghapus ini berbentuk seperti pena. Dengan ujung yang halus berbentuk seperti ujung pena juga. Penghapus jenis ini sanggat baik digunakan untuk menghapus bagian bagian yang halus dan juga sangat bermanfaat saat anda membuat bagian rambut dan rambut rambut yang ada pada wajah.

c.    Kneadable Eraser


Bentuknya agak memalukan. Seperti perman karet bekas. Penghapus jenis ini dapat dibentuk sesuai dengan keingginan kita. Gunanya adalah untuk mengangkat bagian bagian tertentu atau sisa-siasa kotoran tanpa menimbulkan kotoran baru.





•    Blenders
Secara harafiah, blend dalam bahasa inggris berarti mencampur atau mengaduk, sehingga blender akan sang bermanfaat untuk memasak. “Hehe, just kidding”. Dalam dunia lukisan, blender berguna untuk menghasilkan tekstur yang sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga dapat membuat sebuah lukisan tampak semakin realistik. Dipasaran, terdapat beberapa jenis blender, antara lain:
a.    Facial Tissues (tisue kecantikan)
b.    Blending Stump
c.    Tortillons
d.    Paintbrush (Kuas)
e.    Chamois
Untuk mengetahui manfaat dari masing-masing jenis blender diatas alangkah baiknya anda mencobanya sendiri dan temukan sensasinya.
•    Paper (Kertas)
Kertas memegang peranan yang sangat penting dalam lukisan anda. Sehebat apapun teknik yang anda miliki, kertas tetap akan memainkan perannya. Terdapat banyak jenis kertas dalam berbagai merek yang tersedia dipasaran, tetapi biasanya setiap pelukis memiliki selera kertas sendiri.
Dalam menentukan kertas yang akan anda gunakan, juga dapat bergantung pada objek yang akan anda pindahkan kedalam kertas tersebut. Kertas ada yang memiliki banyak gigi dan ada yang ompong. Kertas dengan banyak gigi (tooth) cocok untuk objek yang memiliki tekstur yang kasar dan juga untuk objek yang memiliki warna lebih gelap karena gigi kertas tersebut akan menahan goresan pensil anda dengan lebih baik. Sedangkan kertas ompong (halus) baik digunakan untuk objek yang memiliki tekstur yang halus dan detail yang tinggi.
Jika anda hanya memiliki kertas yang bergigi banyak dan anda hendak melukis sebuah objek yang bertekstur halus dan membutuhkan detail yang tinggi, anda dapat menghaluskan kertas tersebut dengan beberapa cara, antara lain:
a.    Menyetrika (Ironing)
b.    Gosok kertas anda dengan sebuah metal yang keras dan pastikan terlebih dahulu bahwa metal tersebut tidak akan merusak kertas anda.

•    Peralatan lain yang mungkin dibutuhkan
a.    Peraut pensil (Pencil Sharpener)
Menjaga ujung pensil tetap runcing sangat penting dalam melukis. Jika ujung pensil tetap runcing maka akan lebih mudah untuk menggambar dengan deail yang tinggi. Oleh sebab itu terkadang kita berpikir bahwa menggunakan pensil mekanik lebih mudah dan praktis.

b.    Penggaris (Ruler)
Penggaris juga penting, terkadang untuk memastikan bahwa gambar anda sama dengan objeknya tidak ada salahnya jika anda mengukurnya dengan menggunakan penggaris. Selain itu untuk membuat garis yang benar-benar lurus penggaris tentu akan sangat dibutuhkan kecuali tangan anda bisa benar benar kaku.

c.    Lampu belajar
Lampu penting untuk membuat  anda dapat melihat hasil gosresan tangan anda dengan jelas sehingga akan mengurangi kesalahan- kesalahan yang tidak perlu. Tempatkan lampu di sisi yang berlawanan dengan tangan yang anda gunakan untuk memegang pensil agar bayangan tangan anda tidak mengganggu penglihatan.

d.    Fixative
Fixative sangat berguna untuk melindungi lukisan anda. Tanpa fixative, seiring berjalan waktu graphite yang menempel pada kertas lukiasan anda akan luntur dan lukisan akan tampak memudar. Dengan fixative hal itu tidak akan terjadi.
Pada umumnya ada dua jenis fixative yaitu workable fixative melindungi lukisan untuk sementara dan masih memungkinkan untuk menghapus dan menambah isi lukisan. Sedangkan nonworkable fixative bersifat permanen dan biasanya digunakan untuk lukisan yang sudah selesai.

e.    Digital Imaging
Dalam dunia modern sekarang ini, segala hal dalam bentuk digital sangat diperlukan. Begitu pula halnya bagi seorang pelukis. Dengan menggunakan kamera digital atu scanner kita dapat mengabadikan langkah demi langkah sampai menjadi sebuah karya lukisan dalam sebuah gambar digital. Ini akan sangat bermanfaat untuk mempromosikan karya kita di dunia digital. Baik promosi yang bertujuan marketing maupun promosi yang hanya bertujuan sekedar untuk unjuk kebolehan.

12 comments:

  1. nice info.. keep posting...

    ReplyDelete
  2. Nice information,, Thanks a lot..

    ReplyDelete
  3. kalo bisa gambarnya diperbanyak #saran

    ReplyDelete
  4. permisi Admin...... mau tanya nih saya..... kalo pencil yg berwarna.... apakah macam & variasi grade nya juga sama kaya ulasan diatas...?

    ReplyDelete
  5. hi salam kenal

    kunjungan balik ya

    www.ratungaco.com
    www.dulhienz.com

    ReplyDelete
  6. Thanks..banyak membantu bagi yang belum pernah berguru...

    ReplyDelete
  7. Thanks..banyak membantu bagi yang belum pernah berguru...

    ReplyDelete
  8. Gan kalo buat gambar landscape make pensil apaan ya ?

    ReplyDelete
  9. makasih infonya, kapan kapan bisa coba buat tutorial tentang menggambar realistic

    ReplyDelete